Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan Mammogram? Mengapa Kita Harus Menyadari Tanda Kanker Payudara Sepanjang Tahun

Berpikir untuk memulai tahun ini dengan sehat dan mendapatkan mammogram tetapi tidak yakin apakah itu benar-benar diperlukan? Kami membahas pentingnya mamogram untuk deteksi dini kanker payudara dan di mana mendapatkan mamogram di Singapura

Ada banyak diskusi tentang kanker payudara selama bulan-bulan Kesadaran Kanker Payudara, tetapi sayangnya, kanker payudara adalah kanker pembunuh nomor satu di antara wanita di Singapura dan terjadi sepanjang tahun. 1 dari 13 wanita didiagnosis menderita kanker payudara setiap tahun, enam wanita didiagnosis menderita kanker payudara setiap hari dan satu kematian terjadi akibat kanker payudara setiap hari. * Namun, tidak semuanya malapetaka dan kesuraman. Deteksi dini kanker payudara, sebagian besar melalui mammogram, telah terbukti dapat menyelamatkan nyawa. Jika Anda memperhatikan tanda-tanda awal kanker dengan melakukan pemeriksaan payudara bulanan, Anda mungkin bertanya-tanya apa langkah selanjutnya dan kapan harus menjalani mammogram pertama itu. Jadi kami mengobrol tentang mamogram dengan Dr Rameysh Danovan, Konsultan Radiologi dan Direktur Medis Spesialis Pencitraan Wanita.

Kapan sebaiknya wanita mulai menjalani mammogram?

Saat ini, pedoman skrining nasional Singapura merekomendasikan skrining mammogram untuk wanita berusia 50-59 tahun, yang juga dilakukan di banyak negara. Namun demikian, wanita berusia 40 tahun dapat memiliki kesempatan untuk mempertimbangkan skrining mammogram dan untuk berdiskusi dengan dokter mereka tentang risiko kanker payudara dan potensi manfaat skrining. Hal ini terutama mengingat tren peningkatan kejadian kanker payudara pada pasien yang berusia di bawah 50 tahun. Selain itu, penelitian terbaru yang diterbitkan pada awal tahun telah melaporkan penurunan angka kematian dengan skrining mamografi untuk wanita dari usia 40 tahun.

Jika Anda tidak memiliki benjolan atau tanda-tanda awal kanker payudara, apakah Anda masih perlu menjalani mammogram?

Memang ini yang menjadi dasar skrining mammogram, sehingga kanker terdeteksi sejak dini saat masih kecil dan pada stadium awal. Jika terdeteksi sejak dini, maka peluang bertahan hidup lebih besar jika dibandingkan dengan tumor besar yang sudah dapat dirasakan atau bahkan terlihat. Kanker besar atau diagnosis kanker tertunda membawa risiko penyebaran luas ke seluruh tubuh seiring perkembangan kanker.

Baca lebih banyak: Tanda dan Gejala Awal Kanker Payudara

mammogram di singapore

Apakah mammogram berbahaya?

Menurut Singapore Cancer Society, tidak, ini adalah kesalahpahaman. “Persepsi umum adalah bahwa mamogram berbahaya bagi tubuh dan dapat meningkatkan risiko kanker yang ada karena wanita terpapar radiasi selama proses skrining. Namun pada kenyataannya, paparan radiasi selama mammogram sangat rendah. Sejalan dengan itu, risiko kesehatan bagi wanita juga sangat rendah. ”

Apa itu mammogram 3D dan 2D, dan apa kelebihan dan kekurangannya masing-masing?

Mammogram 3D (atau tomosintesis) memperoleh banyak gambar payudara dalam sekali duduk, sehingga memberikan informasi yang sangat dibutuhkan yang jika tidak akan hilang atau tidak memadai dalam mammogram 2D ​​standar, di mana hanya satu gambar yang dihasilkan. Dengan teknologi terkini, tomosintesis dapat diperoleh bersama dengan mammogram 2D ​​standar dalam sekali duduk, secepat 4 detik, tanpa perlu sesi tambahan, kompresi payudara atau prosedur lainnya. Mungkin biayanya sedikit lebih tinggi, tetapi telah terbukti memiliki tingkat deteksi kanker yang lebih baik daripada mamogram 2D ​​standar saja, yang telah dilaporkan dalam banyak penelitian global. Untuk pasien yang menghadiri pemeriksaan mammogram untuk pertama kalinya, dan untuk pasien yang diketahui memiliki kepadatan payudara yang tinggi dari mammogram sebelumnya, akan direkomendasikan untuk memasukkan tomosintesis dalam pilihan pemeriksaan mamografi mereka.

mammogram singapore

Apakah mamogram efektif untuk semua ukuran payudara?

Dari perspektif diagnostik, setiap ukuran payudara dapat dicitrakan dengan mamografi. Namun, dari perspektif kenyamanan pasien, ada saran yang tidak meyakinkan bahwa wanita di kedua ujung kisaran ukuran payudara (yaitu yang sangat kecil dan yang sangat besar) mengalami lebih banyak ketidaknyamanan. Perkembangan terakhir dalam peralatan mamografi termasuk pedal kompresi dengan kontur melengkung, yang dirancang untuk mengatasi masalah khusus ini. Temuan awal menunjukkan peningkatan pengalaman pasien dengan penggunaannya.

Apakah mamogram menyakitkan?

Laporan rasa sakit atau ketidaknyamanan akibat mamogram sangat bervariasi dalam populasi, dengan banyak pasien mengalami sedikit atau tidak ada ketidaknyamanan, sementara beberapa mengalami ketidaknyamanan yang signifikan atau bahkan rasa sakit. Penting untuk mengkomunikasikan apa yang Anda alami dengan radiografer sehingga tingkat kompresi dapat disesuaikan untuk meminimalkan ketidaknyamanan tanpa mengurangi kualitas gambar. Namun demikian dengan peralatan terbaru, akuisisi gambar biasanya sangat cepat (dalam hitungan detik) dan manfaat kelangsungan hidup potensial dari deteksi dini kanker payudara jauh melebihi ketidaknyamanan selama mamografi. Penelitian telah menunjukkan bahwa keseluruhan pengalaman mamogram ditentukan oleh banyak faktor dan secara langsung dapat memengaruhi kepatuhan terhadap rekomendasi skrining di masa mendatang.

Kapan waktu terbaik untuk menjalani mammogram?

Ada dugaan bahwa nyeri selama pemeriksaan mamografi berhubungan dengan siklus menstruasi. Namun, bukti literatur dalam hal ini bertentangan dan tidak meyakinkan, dan nyeri yang dialami oleh setiap pasien kemungkinan besar multifaktorial. Kecuali ada pengamatan langsung terhadap nyeri siklik payudara selama periode tertentu dari siklus menstruasi seperti yang dialami oleh beberapa pasien, pemeriksaan mamografi tidak perlu dibatasi hanya berdasarkan siklus menstruasi saja.

Kapan seseorang memilih USG payudara?

Saat ini, tidak seperti mammogram, USG payudara belum terbukti memberikan manfaat kelangsungan hidup bila digunakan dalam pengaturan skrining sendiri dan oleh karena itu bukan bagian dari pedoman skrining rutin pada wanita dengan risiko rata-rata. Namun, USG payudara tetap menjadi pemeriksaan tambahan yang berguna terutama pada wanita dengan kepadatan payudara tinggi pada mammogram dan mereka dengan risiko kanker payudara yang lebih tinggi, untuk membantu meningkatkan kepekaan pemeriksaan skrining.

Mammogram

Di mana Anda bisa mendapatkan mammogram di Singapura?

  • Klinik CHAS GP: Temukan Klinik CHAS GP terdekat yang menawarkan layanan skrining SFL di sini.
  • Klinik Masyarakat Kanker Singapura @ Bishan: untuk wanita dengan kartu Community Health Assist Scheme (CHAS) yang valid.
  • Poliklinik: Hubungi 6275 6443/6355 3000 untuk membuat janji temu di poliklinik terdekat.
  • Rumah sakit swasta: sebagian besar rumah sakit swasta besar seperti Raffles, Thomson, Mount Elizabeth dan Gleneagles menawarkan pemeriksaan mammogram. Jika Anda memiliki asuransi kesehatan, periksalah untuk melihat apakah Anda dapat ditanggung untuk pemeriksaan mammogram di rumah sakit swasta (Anda mungkin memerlukan rujukan melalui dokter umum terlebih dahulu).
  • Pusat pencitraan pribadi: Ada berbagai pusat pencitraan pribadi di Singapura termasuk Specialist Women’s Imaging (Camden Medical, 1 Orchard Boulevard, # 10-04a / 05/06/07), Orchard Imaging Centre dan Mammo-Care Singapore.

Apakah ada diskon yang tersedia di Singapura untuk mammogram?

– Singapore Cancer Society menawarkan layanan mamografi gratis untuk wanita berusia 50 tahun ke atas, yang belum pernah menjalani pemeriksaan ini dalam dua tahun terakhir dan memiliki Kartu Skema Bantuan Kesehatan Komunitas (CHAS) Biru atau Oranye yang valid, di Centre di Bishan ( Telp: +65 6499 9133).
– Dewan Promosi Kesehatan menawarkan wanita berusia 50 tahun ke atas, pemeriksaan mammogram bersubsidi dengan biaya $ 50 untuk warga negara Singapura, $ 75 untuk Penduduk Permanen dan $ 25 untuk Pionir di lokasi yang berpartisipasi.

Jadi para wanita, periksa payudara Anda setiap bulan, dan jika Anda berusia di atas 40 tahun atau hampir 50 tahun pikirkan untuk melakukan mammogram awal ditambah satu kali setiap dua tahun (dan dorong bibi, ibu, dan teman Anda untuk melakukannya juga – satu teman wanita menyelamatkan hidupnya dengan menyarankan ini saja!).

* Sumber: 50 tahun Pendaftaran Kanker, Pendaftaran Kanker Singapura 2019

Kredit gambar pertama Getty Images, 2 # oleh Anna Tarazevich dari Pexels, oleh Cottonbro dari Pexels, gambar ke-4 Getty Images