Hari Pertama Sekolah atau Kecemasan Kembali ke Sekolah: Tips Untuk Meringankan Air Mata Putus Sekolah

Apakah anak-anak Anda gugup pada hari pertama sekolah mereka? Atau mungkin mereka memiliki kecemasan saat kembali ke sekolah? Cara meredakan air mata putus sekolah dan mengetahui kapan tekanan perpisahan lebih merupakan gangguan kecemasan

Bagi banyak anak, hari pertama sekolah, atau kembali ke sekolah (dan kembali ke rutinitas sekolah) dapat menimbulkan perasaan takut. Berikut adalah tips dari Psikolog Pip Johnson tentang cara meredakan tekanan akibat perpisahan, apa yang tidak boleh dilakukan, dan saat gangguan perpisahan yang normal menjadi gangguan kecemasan akan perpisahan.

Kecemasan kembali ke sekolah – apa yang TIDAK boleh dilakukan

Benar-benar hanya ada dua hal besar yang harus dihindari ketika datang ke kecemasan perpisahan – menyerah, dan menyelinap keluar! Penelitian menunjukkan bahwa menyerah pada kecemasan akan perpisahan anak-anak dengan membiarkan mereka tidak bersekolah tidak akan membantu kecemasan mereka dalam jangka panjang, dan dapat memperburuknya. Tunjangan kecil seperti mengurangi jam sekolah boleh-boleh saja, tetapi sangat penting bagi anak untuk tetap bersekolah sehingga mereka bisa melewati ‘perpisahan’ dan menemukan bahwa semuanya baik-baik saja. Mengucapkan selamat tinggal itu sulit, tetapi jauh lebih sulit bagi si kecil ketika mereka melihat ke atas dan menyadari bahwa Anda telah menyelinap. Untuk membangun kepercayaan dan perasaan aman, kita perlu memberi tahu anak kecil kita bahwa kita akan pergi, dan dapat menggunakan ritual perpisahan untuk membantu mereka merasa dicintai dan didukung.

tips untuk kembali ke sekolah dengan mudah

Tip untuk mengurangi tekanan pemisahan
Banyak dari tip ini bertumpu pada prinsip mencoba menjembatani kesenjangan antara kehidupan rumah dan sekolah… apa pun yang dapat Anda lakukan untuk membawa aspek rumah ke dalam kelas dan sebaliknya akan membantu meredakan ketakutan akan perpisahan.

  1. Bicara tentang sekolah sehingga mereka tahu apa yang diharapkan – terdengar sederhana, tetapi terkadang dalam kehidupan kita yang sibuk, kita lupa! Ini termasuk membicarakan tentang betapa normalnya merasa gugup pergi ke tempat baru. Jika mereka bersekolah di sekolah baru, coba kunjungi sekolah atau tunjukkan foto secara online.
  2. Setelah mereka mulai, coba dan temukan cara untuk membawa pulang aspek-aspek hari sekolah mereka. Anda dapat mempelajari lagu selamat pagi mereka dan menyanyikannya di rumah, atau berbicara tentang guru mereka dan teman-teman mereka di sekolah.
  3. Kembangkan ritual perpisahan yang cukup cepat tetapi memberi tahu mereka apa yang terjadi dan membuat mereka merasa dicintai – anak-anak kecil tidak mengerti waktu, jadi ini perlu dipusatkan pada aktivitas, seperti “setelah Anda minum teh sore, saya / Ayah / Bibi akan berada di sini untuk menjemput Anda naik”. Itu juga harus mencakup sesuatu yang menyenangkan yang mereka nantikan (lihat poin saya berikutnya di bawah).
  4. Saya telah mengadopsi ‘ciuman ajaib’ dan anak saya yang berusia 3 tahun menyukainya! Bunyinya seperti ini: cium masing-masing telapak tangan 5 kali dan lilitkan tangan kecil mereka ke atas untuk ‘menangkap’ ciuman. Katakan bahwa mereka sekarang memiliki ciuman ajaib dengan mereka sepanjang hari jadi jika mereka merasa sedih atau merindukan Anda, mereka dapat meletakkan tangan mereka di pipi mereka, dan mereka akan mencium Anda.
  5. Anak-anak memiliki imajinasi yang hebat! Bantu mereka membuat file pelindung imajiner yang membantu menjaga mereka saat Anda tidak di sana.
  6. Biarkan mereka bawa sesuatu yang istimewa ke sekolah dengan mereka seperti boneka atau foto Anda. Jika mereka tidak diizinkan untuk membawanya di kelas bersama mereka, akan membantu jika Anda mengetahui bahwa buku itu ada di dalam tas mereka.
  7. Ajari mereka beberapa dari berikut cara untuk menenangkan diri jika mereka merasa kesal:
    • Mengambil 3 tarikan napas panjang dan ‘meniup lilin’ untuk menghembuskan napas
    • Menghitung sampai 10
    • Menggosok perutnya untuk membuat kupu-kupu merasa aman
    • Bernyanyi ‘berputar-putar di taman’ sambil membuat lingkaran dengan tangannya sendiri
  8. Tetap tenang dan rilekskan diri Anda – Anak-anak kita tanggap, dan jika si kecil merasakan bahwa Anda khawatir, itu akan menambah kekhawatiran yang mereka rasakan.
    Cara meredakan tangis kembali ke sekolah dan kecemasan akan perpisahan

Kapan gangguan perpisahan yang normal menjadi gangguan kecemasan akan perpisahan?

Gangguan pemisahan adalah hal yang normal untuk anak kecil yang berusia antara 1-4 tahun. Sebagian besar anak akan tumbuh setelah usia ini, tetapi untuk sekitar 4% anak, kecemasan mereka begitu kuat sehingga dianggap Gangguan Kecemasan Pemisahan (SEDIH). SAD ditandai dengan kecemasan yang berlebihan dan tidak sesuai perkembangan saat dipisahkan dari pengasuh utama.

Gejala SAD termasuk kekhawatiran yang berlebihan sesuatu yang buruk mungkin terjadi pada pengasuhnya, menghindari situasi di mana mereka harus jauh dari pengasuhnya atau menyendiri, dan gejala fisik saat pemisahan terjadi atau diantisipasi. Gejala ini harus menyebabkan kerusakan yang signifikan dan muncul setidaknya selama 4 minggu untuk memenuhi diagnosis SAD. Jika menurut Anda anak Anda mungkin menderita SAD, hubungi psikolog untuk mendapatkan bantuan.